Gambaran Umum

Gambaran Umum

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu adalah lembaga pemerintahan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Kantor Disdukcapil Kota Bengkulu terletak di Jalan WR Supratman Kelurahan Bentiring, Kota Bengkulu. Gedung ini mulai di bangun pada tahun 2015.

Guna memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Dukcapil Kota Bengkulu menyebarkan pelayanan ke 9 kantor kecamatan di kota Bengkulu.

Berikut ini adalah informasi pelayanan yang kami lakukan di tiap tempat:

1. Kantor Dukcapil Kota Bengkulu. Adalah kantor utama Dukcapil Kota Bengkulu yang melayani seluruh warga Kota Bengkulu dimana semua pelayanan (kecuali pelayanan legalisir dan pelayanan informasi pengaduan) harus dilakukan dengan cara registrasi dan pendaftaran memlalui mesin antrian.
Berikut ini adalah jenis pelayanan yang ada di kantor Dukcapil Kota Bengkulu

  • Pelayanan KTP elektronik
  • Pelayanan Kartu Keluarga
  • Pelayanan Pindah Datang
  • Pelayanan Akta Kelahiran
  • Pelayanan Akta Kematian
  • Pelayanan Akta Perkawinan
  • Pelayanan Akta Perceraian
  • Pelayanan Kutipan Kedua Akta (Akta hilang/rusak)
  • Pelayanan Catatan Pinggir (Perubahan Nama, Kewarganegaraan, Pengakuan Anak,
  • Pengesahan Anak, Pengangkatan Anak)
  • Pelayanan Pindah Keluar Kota Bengkulu
  • Pelayanan Perbaikan Data
  • Pelayanan Legalisir Dokumen Kependudukan
  • Pelayanan Informasi & Pengaduan

2. Kantor Kecamatan Di 9 Lokasi. Di tiap Kantor Kecamatan, ditugaskan operator SIAK 2 orang untuk melayani warga kecamatan setempat dengan jenis pelayanan:

  • Pelayanan KTP elektronik
  • Pelayanan Kartu Keluarga
  • Pelayanan Pindah Datang

Visi Misi

Visi Misi

  • Visi
  • Misi

Terwujudnya Pelayanan Prima melalui Penyelenggaraan
Administrasi Kependudukan Menuju Bengkulu Yang Unggul Nyaman
Dan Sejahtera.

Makna Visi:
Pelayanan Prima mengandung makna:
Pelayanan yang diterima oleh masyarakat melebihi yang diharapkan
Pelayanan prima (excellent service) adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas.
Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan/masyarakat. Dalam pelayanan prima terdapat dua elemen yang saling berkaitan, yaitu pelayanan dan kualitas, kedua elemen tersebut sangat penting untuk diperhatikan oleh tenaga pelayanan
Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.
Kualitas pelayanan meliputi dimensi-dimensi sebagai berikut :

a. Ketepatan waktu pelayanan berkaitan dengan waktu tunggu dan proses.
b. Kualitas pelayanan berkaitan dengan akurasi atau kecepatan pelayanan.
c. Kualitas pelayanan berkaitan dengan kesopanan dan keramahan pelaku bisnis.
d. Kualitas pelayanan berkaitan dengan tanggung jawab dalam penanganan keluhan pelanggan.
e. Kualitas pelayanan berkaitan dengan sedikit banyaknya petugas yang melayani serta fasilitas pendukung lainnya.
f. Kualitas pelayanan berkaitan dengan lokasi, ruangan tempat pelayanan, tempat parkir, ketersediaan informasi, dan petunjuk/panduan lainnya.
g. Kualitas pelayanan berhubungan dengan kondisi lingkungan, kebersihan, ruang tunggu, fasilitas musik, AC, alat komunikasi, dan lain-lain

Administrasi Kependudukan mengandung makna:
Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan Data Kependudukan melalui Pendaftaran Pendududk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Mewujudkan pengelolaan administrasi Kependudukan yang akurat, tertib dan aman.

Adapun makna dari Misi adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pelayanan prima dalam bidang pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  2. Mengembangkan dan mengoptimalkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan menuju kecepatan pelayanan informasi data kependudukan yang akurat;
  3. Merumuskan kebijakan kependudukan; menyusun perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan daerah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan penduduk melalui peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan.

Tugas & Fungsi

Tugas & Fungsi

  1. Dinas dipimpin oleh seorang Kepala Dinas.
  2. Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Walikota dalam menyelenggarakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.
  3. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi:
    • Merumuskan kebijakan lingkup kependudukan dan pencatatan sipil;
    • Melaksanaan kebijakan lingkup kependudukan dan pencatatan sipil;
    • Melaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup kependudukan dan pencatatan sipil;
    • Melaksanaan administrasi Dinas lingkup kependudukan dan pencatatan sipil; dan
    • Melaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

 

Slogan Dukcapil

Slogan Dukcapil