• Pendaftaran Penduduk
  • Pencatatan Sipil

1. Kartu Keluarga

1. Kartu Keluarga

Kartu Keluarga yang selanjutnya disingkat KK, adalah kartu identitas keluarga yang memuat tentang nama, susunan dan hubungan dalam keluarga, serta identitas anggota keluarga.

1. Persyaratan Buat KK Baru (Pisah KK Dari Yang Sebelumnya)

  • Surat Pengantar dari RT/RW dan Kelurahan
  • Mengisi formulir F1.01 dari kecamatan
  • Kartu Keluarga awal (untuk nanti pisah KK)
  • Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan
  • Memperlihatkan dokumen pendukung seperti Ijazah, Rapor, Akta Kelahiran, SK Pengangkatan PNS/BUMN/BUMD/Swasta, dan Paspor
  • Untuk WNA lengkapi dengan: fotokopi Paspor, fotokopi KITAS/KITAP Surat Keterangan penjamin/sponsor, fotokopi KTP-el penjamin/sponsor

2. Persyaratan Penambahan Anggota Keluarga Ke Dalam KK

  • KK asli
  • Surat Pengantar dari RT/RW dan Kelurahan
  • Mengisi formulir F1.01 dari kecamatan
  • Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan
  • Sebab kelahiran: Surat Keterangan Kelahiran dari bidan/rumah sakit/Puskesmas
  • Sebab perpindahan: Surat Keterangan Pindah Datang dalam wilayah NKRI(SKDWNI) atau Surat Keterangan Pindah – Datang Luar Negeri
  • Untuk WNA lengkapi dengan: fotokopi Paspor, fotokopi KITAS/KITAP, Surat Keterangan penjamin/sponsor, fotokopi KTP-el penjamin/sponsor

3. Persyaratan Pengurangan Anggota Keluarga Di Dalam KK

  • KK asli
  • Surat Pengantar dari RT/RW dan Kelurahan
  • Mengisi formulir F1.01 dari kecamatan
  • Sebab Meninggal: akta kematian
  • Sebab perceraian: fotokopi Surat Perceraian dari Pengadilan Agama/Akta Perceraian
  • Sebab perpindahan: Surat Keterangan Pindah Keluar (SKDWNI)

4. Persyaratan KK Yang Hilang

  • Surat Pengantar dari RT/RW dan Kelurahan
  • Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  • Mengisi formulir F1.01 dari kecamatan
  • Memperlihatkan dokumen pendukung seperti Ijazah, Rapor, Akta Kelahiran, SK Pengangkatan PNS/BUMN/BUMD/Swasta, dan Paspor

5. Persyaratan Perbarui KK Karena Pindah Alamat, Pembetulan Nama, Atau KK Rusak

  • KK asli
  • Surat Pengantar dari RT/RW dan Kelurahan
  • Mengisi formulir F1.01 dari kecamatan
  • Memperlihatkan dokumen pendukung seperti Ijazah, Rapor, Akta Kelahiran, SK Pengangkatan PNS/BUMN/BUMD/Swasta, dan Paspor

 

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

2. Kartu Tanda Penduduk Elektronik

2. Kartu Tanda Penduduk Elektronik

Kartu Tanda Penduduk elektronik, yang selanjutnya disingkat KTP-el adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). KTP-el diawali dengan proses perekaman KTP-el (rekam sidik jari, rekam iris mata, rekam tanda tangan digital, rekam pas foto, dan rekam biodata diri), lalu data biomterik yang telah direkam dilakukan penunggalan data oleh pusat sehingga statusnya Print Ready Record (siap cetak).

Persyaratan Perekaman KTP-el

  • Fotokopi KK
  • Berusia 16 tahun/sudah menikah
  • Belum pernah rekam KTP-el sebelumnya

Persyaratan Pengajuan Cetak KTP-el

1. Karena KTP-el Rusak

  • KTP-el lama
  • Fotokopi KK

2. Karena KTP-el Hilang

  • Fotokopi KK
  • Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisan

3. Karena Perbarui Elemen Data Pemilik KTP-el (Perbarui Status Perkawinan, Status Pendidikan, Tanda Tangan Digital, Pas Foto, Alamat)

  • Fotokopi KK
  • Memperlihatkan dokumen pendukung seperti Buku Nikah/Akta Perkawinan, Surat Perceraian dari Pengadilan Agama/Akta Perceraian, Ijazah, Rapor, Akta Kelahiran, SK Pengangkatan PNS/BUMN/BUMD/Swasta, Paspor, dan Surat Keterangan Pindah Datang (SKDWNI)

4. Mengganti Dari Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket) Ke KTP-el

  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Suket

Alur Pelayanan

Pencetakan KTP-el di Kantor Kecamatan

Perekaman KTP-el di Kantor Kecamatan

Jangka Waktu Penerbitan

  • Perekaman KTP-el: 25 Menit
  • Pencetakan KTP-el: 7 Hari Kerja (Status Pemohon Sudah Siap Cetak atau PRR)

3. Kartu Identitas Anak

3. Kartu Identitas Anak

Kartu Identitas Anak yang selanjutnya disingkat menjadi KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah.

KIA untuk Kota Bengkulu diprioritaskan untuk usia 12-15 tahun. Bagi pemegang KIA Kota Bengkulu bisa mendapatkan promo menarik dengan sponsorship yang sudah bekerjasama dengan Dukcapil Kota Bengkulu. Berikut ini adalah daftarnya:

Persyaratan Buat Baru KIA

  • Prioritas usia anak 12-15 tahun
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Fotokopi KK orangtua/wali
  • Fotokopi KTP-el kedua orangtua
  • Pasfoto 2×3 (2 lembar)
  • Fotokopi Paspor dan KITAP (Untuk WNA)

Persyaratan KIA Yang Hilang

  • Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian
  • Fotokopi KK orangtua/wali

Alur Pelayanan

* KIA Dikerjasamakan Melalui Sekolah-Sekolah *

Jangka Waktu Penerbitan

7 Hari Kerja

4. Surat Pindah Datang

4. Surat Pindah Datang

Surat Keterangan Pindah Datang digunakan sebagai dasar perubahan atau penerbitan KK dan KTP-el penduduk yang bersangkutan.

Persyaratan Pindah Datang Antar Kelurahan

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Keterangan Pindah Dari Kelurahan Asal
  • KK dan KTP-el (asli dan fotokopi)

Persyaratan Pindah Datang Antar Kecamatan

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Keterangan Pindah dari Kelurahan Asal
  • Surat Keterangan Pindah dari Kecamatan Asal
  • KK dan KTP-el (asli dan fotokopi)

Persyaratan Pindah Datang Antar Kota/Provinsi

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Keterangan Pindah dari daerah asal
  • KK dan KTP-el (asli dan fotokopi)

Alur Pelayanan 

Jangka Waktu Penerbitan

7 Hari Kerja

5. Surat Pindah Keluar

5. Surat Pindah Keluar

Penduduk Warga Negara Indonesia yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melapor kepada Instansi Pelaksana di daerah asal untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah.

Persyaratan Pindah Antar Kelurahan

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Mengisi Formulir Pindah Keluar. Formulir bisa download disini
  • KK dan KTP-el (fotokopi)

Persyaratan Pindah Antar Kecamatan

  • Surat Pengantar RT/RW
  • Mengisi Formulir Pindah Keluar. Formulir bisa download disini
  • KK dan KTP-el (fotokopi)

Persyaratan Jika SKPWNI Expired/Batal Pindah

  • Surat SKPWNI yang dimiliki

Alur Pelayanan 

Persyaratan Pindah Keluar Kota Bengkulu

  • Surat Pengantar RT/RW
  • KK dan KTP-el (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Pindah Dari Kelurahan yang diketahui Kecamatan
  • Mengisi Formulir Pindah Keluar. Formulir bisa download disini

Batal Pindah Keluar

  • Surat pindah yang asli
  • Surat Pernyataan Batal Pindah

Perpanjangan Surat Pindah Keluar yang Expired

  • Surat pindah yang asli
  • Formulir pindah keluar yang dicap dan tanda tangan kelurahan dan kecamatan

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan

7 Hari Kerja

6. Layanan WNA

6. Layanan WNA

Pelayanan masyarakat untuk membuat Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) untuk WNA, Surat Keterangan Susunan Keluarga Pendatang (SKSKP) untuk WNA, KTP serta Kartu Keluarga untuk WNA.

Pembuatan KTP & Kartu Keluarga untuk WNA

  • Fotokopi Paspor sampai dengan halaman berstempel KITAP terakhir
  • Fotokopi Akta Nikah (bagi yang sponsornya suami/istri)
  • Surat Keterangan Domisili dari kelurahan terbaru
  • Fotokopi KITAP
  • Surat Sponsor/Jaminan dan fotokopi KTP-el penjamin/Sponsor
  • Pas foto berwarna 3×4 cm 2 buah
  • Surat tanda melapor dari kepolisian terbaru
  • Akta Kelahiran (birth certificate)
  • Fotokopi IMTA

Pembuatan SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal) dan SKSKP (Surat Keterangan Susunan Keluarga Pendatang)

  • Fotokopi Paspor sampai dengan halaman berstempel KITAS terakhir
  • Fotokopi Akta Nikah (bagi yang sponsornya suami/istri)
  • Surat Keterangan Domisili dari kelurahan terbaru
  • Fotokopi KITAS
  • Surat Sponsor/Jaminan dan fotokopi KTP-el penjamin/Sponsor
  • Pas foto berwarna 3×4 cm 2 buah
  • Surat tanda melapor dari kepolisian terbaru
  • Fotokopi IMTA

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan

7 hari kerja

7. Perbaikan Data

7. Perbaikan Data

Pelayanan masyarakat untuk kebutuhan:

    • Perbaikan Data:
      • Memasukan anggota keluarga yang berusia di atas 5 tahun ke dalam Kartu Keluarga
      • Memunculkan kembali data NIK anggota keluarga yang terhapus/tidak aktif
      • Pengaktifan/aktivasi NIK
    • Pengecekan KTP-el:
      • NIK ganda/memiliki NIK lebih dari satu
      • Validasi NIK
      • Cek iris mata dan finger print untuk mengecek NIK tunggal KTP-el
    • Tidak punya data kependudukan / identitas dalam jangka waktu lama, tetapi dahulu pernah terdaftar sebagai warga Kota Bengkulu
      • Syarat Perbaikan Data
        • Melampirkan pengantar pembuatan KTP elektronik dan Kartu Keluarga dari RT/RW, Kelurahan, dan Kecamatan
        • KTP elektronik dan Kartu Keluarga
        • Akta Kelahiran (bagi yang memiliki)
        • Ijazah terakhir
        • Buku Nikah (bagi yang menikah)
        • Surai Cerai (jika bercerai)
        • Paspor (bagi yang memiliki paspor)
      • Syarat Pengecekan KTP-elektronik
        • KTP dan Kartu Keluarga
        • Akta Kelahiran (bagi yang memiliki)
        • Ijazah terakhir
        • Buku Nikah (bagi yang menikah)
        • Surai Cerai (jika bercerai)
        • Paspor (bagi yang memiliki paspor)

*catatan: yang bersangkutan wajib hadir

      • Syarat Untuk Penduduk Tidak Punya Identitas
        • KTP & Kartu Keluarga
        • Akta Kelahiran (bagi yang memiliki)
        • Ijazah terakhir
        • Buku Nikah (bagi yang menikah)
        • Surai Cerai (jika bercerai)
        • Paspor (bagi yang memiliki paspor)
        • Bagi yang tidak terdaftar sebagai penduduk Kota Bengkulu, memiliki Kartu Keluarga lama, wajib mengisi Formulir Pernyataan Tidak Punya Identitas (dari Kantor DUKCAPIL/SKBT)

 

Alur Pelayanan 

Jangka Waktu Penerbitan

7 hari kerja

1. Akta Kelahiran

1. Akta Kelahiran

Akta Kelahiran adalah pelayanan masyarakat untuk penerbitan Akta Kelahiran, mulai dari usia bayi 0 tahun sampai usia dewasa. Sementara Pelaporan Kelahiran Luar Negeri adalah pelayanan masyarakat untuk melaporkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang lahir di luar negeri.

Persyaratan Akta Kelahiran

  • Mengisi Surat Keterangan Kelahiran dari Dukcapil Kota Bengkulu (sudah ditandatangan dan cap Kelurahan). Download formulir disini
  • Surat Keterangan Lahir dari RS/Bidan asli atau Surat Keterangan kelahiran dari kelurahan asli (bila lahir di rumah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (orang yang akan dibuatkan aktanya tercantum di Kartu Keluarga)
    • Fotokopi KTP-el kedua orangtua/pemohon
    • Fotokopi Akta Kematian, jika sudah meninggal
  • Fotokopi KTP-el 2 orang saksi (kerabat terdekat)
    • Fotokopi Akta Perkawinan/Buku Nikah orangtua lengkap 1 buku (nama suami & istri harus sesuai dengan KTP-el dan KK)
    • Fotokopi Akta Perceraian beserta salinan Putusan Pengadilan orangtua (jika orangtua bercerai)
  • Untuk WNA lengkapi dengan:
    • Fotokopi paspor orangtua
    • Fotokopi KTP-el orang asing bagi pemilik KITAP
    • Fotokopi Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) orang asing bagi pemilik KITAS
    • KTP-el keluarga/sponsor/penjamin
    • Paspor/KTP orang asing/KITAS 2 orang saksi
  • Melampirkan dokumen pendukung lainnya sesuai kebutuhan*

*Dibutuhkan apabila:

  • Tidak memiliki Buku Nikah/Akta Perkawinan/Surat Cerai/Akta Perceraian orangtuanya atau anak lahir luar kawin: Melampirkan SPLK atau SPLK anak (contoh format SP/Surat Pernyataan lihat di website)
  • Yang bersangkutan berusia di atas 18 tahun:
    • fotokopi KTP-el yang bersangkutan
    • melampirkan fotokopi ijazah
    • melampirkan Surat Pernyataan Belum Pernah Bikin Akta Kelahiran
    • melampirkan Akta Perkawinan/Buku Nikah (jika sudah menikah)
    • Susunan Saudara Kandung
    • Surat Baptis (Khsus Non Muslim)

Pelaporan Kelahiran Luar Negeri

  • Mengisi formulir Pelaporan Kelahiran Luar Negeri dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • Akta Kelahiran dari Kantor Catatan Sipil/Departemen/Rumah Sakit terkait yang menerbitkan (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Kelahiran dari Kedutaan Indonesia di negara tempat tinggal yang bersangkutan lahir (asli dan fotokopi)
  • Fotokopi Kartu Keluarga orangtua
  • Fotokopi KTP-el orangtua
  • Akta Perkawinan/Surat Nikah dan Akta Perceraian orangtua (asli dan fotokopi)
  • Fotokopi Paspor anak, ibu, dan bapak (asli dan fotokopi)

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

2. Akta Kematian

2. Akta Kematian

Akta Kematian adalah pelayanan masyarakat untuk penerbitan Akta Kematian untuk warga yang telah meninggal dunia. Sementara Pelaporan Kematian Luar Negeri adalah pelayanan masyarakat untuk melaporkan WNI yang meninggal di luar negeri

Persyaratan Akta Kematian

  • Mengisi formulir Pelaporan Kematian dari Dukcapil Kota Bengkulu.
  • Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit / para medis (asli)
  • Surat Keterangan Kematian dari kelurahan (asli)
  • Fotokopi KK dan KTP yang meninggal dunia
    • Fotokopi Akta Kelahiran yang meninggal dunia
    • Fotokopi Akta Perkawinan/Surat Nikah yang meninggal dunia
  • Fotokopi KTP-el 2 orang saksi dari pihak keluarga
  • Fotokopi KTP-el pelapor. Pihak pelapor adalah keluarga (ahli waris) atau ketua RT. Bagi pelapor ketua RT, lampirkan fotokopi SK sebagai bukti Ketua RT.
  • Untuk WNA lengkapi dengan:
    • Fotokopi Paspor yang meninggal dunia
    • Fotokopi Visa yang meninggal dunia
    • Fotokopi KITAS/KITAP
    • Fotokopi KTP-el yang meninggal dunia bagi pemilik KITAP
    • Fotokopi SKTT yang meninggal dunia bagi pemilik KITAS

Persyaratan Pelaporan Kematian Luar Negeri

  • Mengisi formulir Pelaporan Kematian Luar Negeri dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • Fotokopi Akta Kematian dari negara dimana yang bersangkutan meninggal
  • Surat Keterangan Kematian dari Kedutaan negara setempat
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP-el yang meninggal dunia
    • Fotokopi Akta Kelahiran yang meninggal dunia
    • Fotokopi Akta Perkawinan/Surat Nikah yang meninggal dunia
  • Fotokopi paspor yang meninggal dunia
  • Fotokopi KTP-el 2 orang saksi kerabat terdekat
  • Fotokopi KTP-el pelapor

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

3. Akta Perkawinan

3. Akta Perkawinan

Akta Perkawinan adalah pelayanan masyarakat untuk penerbitan Akta Perkawinan, khusus untuk non muslim. Sementara Pelaporan Perkawinan Luar Negeri adalah pelayanan masyarakat untuk melaporkan Perkawinan WNI di luar negeri

Persyaratan Akta Perkawinan

  • Mengisi formulir Akta Perkawinan dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • Surat Keterangan Perkawinan/Pemberkatan dari Pemuka Agama dan Pemuka Penghayat Kepercayaan (asli & fotokopi legalisir)
  • KTP dan KK calon mempelai (asli dan fotokopi legalisir)
  • KTP dan KK orangtua (asli & fotokopi)
  • Akta Kelahiran calon mempelai (asli & fotokopi)
  • Surat Pernyataan Belum Pernah Kawin* bermaterai cukup dari yang bersangkutan dan diketahui oleh:
    • Lurah/Kepala Desa bagi yang berdomisili di Kota Bengkulu (asli)
    • Camat/Dukcapil bagi yang berdomisili di luar Kota Bengkulu (asli)
  • Surat Baptis/Permandian/Sidi. Surat Keterangan Anggota Agama Kristen, Khatolik, Hindu, Budha, Konghuchu, dan penghayat Kepercayaam (asli dan fotokopi)
  • Pas Foto berwrna 4×6 berdampingan sebanyak 3 lembar
  • Kutipan Akta Perkawinan Orangtua bagi anak suami istri/kutipan Akta Kelahiran Ibu bagi anak seorang ibu (asli dan fotokopi)
  • KTP-el 2 orang saksi dan hadir pada waktu pencatatan
  • Akta Perceraian, bagi yang telah bercerai
  • Akta Kematian suami/istri terdahulu, bila telah meninggal dunia (asli & fotokopi)
  • Surat Izin Komandan (TNI/Polri) asli
  • Surat Ganti Nama calon mempelai dan orangtuanya (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Kewarganegaraan (asli dan fotokopi)
  • Surat Izin Perkawinan dari Pengadilan Negeri dan atau dari Instansi Pelaksana
  • Akta Notaris, jika ada perjanjian perkawinan (asli dan fotokopi legalisir)
  • Akta Kelahiran Anak yang akan disahkan (asli dan fotokopi)
  • Untuk WNA lengkapi dengan:
    • Paspor lengkap (asli dan fotokopi)
    • Surat Izin Perkawinan dari Kedutaan Negara yang bersangkutan (asli)
    • KITAS/KITAP dan SKTT (asli dan fotokopi)
    • STMD dari kepolisian

Persyaratan Pelaporan Perkawinan Luar Negeri

  • Mengisi formulir Pelaporan Perkawinan Luar Negeri dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • KTP-el (asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
  • Akta Kelahiran (asli dan fotokopi)
  • Paspor suami dan istri (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan dari KBRI (asli dan fotokopi)
  • Sertifikat Married (asli dan fotokopi)
  • Pasfoto berwarna berdampingan sebanyak 3 lembar

Alur Pelayanan 

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

4. Akta Perceraian

4. Akta Perceraian

Akta Perceraian adalah pelayanan masyarakat untuk penerbitan Akta Perceraian, khusus untuk non muslim.
Sementara pelaporan Perceraian Luar Negeri adalah pelayanan masyarakat untuk melaporkan Perceraian WNI di luar negeri.

Persyaratan Akta Perceraian

  • Mengisi formulir Akta Perceraian dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • Fotokopi Penetapan Pengadilan Negeri pemohon yang berkekuatan hukum tetap
  • Akta Perkawinan (asli dan fotokopi)
  • Fotokopi Kartu Keluarga suami-istri dan fotokopi KTP-el suami-istri
  • Akta Kelahiran suami-istri
  • Surat bukti ganti nama (bagi WNI keturunan yg berganti nama)
  • Surat Pengantar dari panitera Pengandilan Negeri
  • Untuk WNA lengkapi dengan:
    • Dokumen imigrasi yang bersangkutan
    • Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) yang bersangkutan

Persyaratan Pelaporan Perceraian Luar Negeri

  • Mengisi formulir Pelaporan Perceraian Luar Negeri dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • KTP-el (asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
  • Akta Kelahiran (asli dan fotokopi)
  • Paspor suami dan istri (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan dari KBRI (asli dan fotokopi)
  • Sertifikat Perceraian (asli dan fotokopi)

Alur Pelayanan 

Jangka Waktu Penerbitan
8 Hari Kerja

5. Kutipan Kedua

5. Kutipan Kedua

Pelayanan masyarakat untuk kebutuhan:

    • Mencetak ulang akta yang hilang atau rusak (Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Pengakuan Anak, Akta Perkawinan, Akta Perceraian).
    • Memperbaiki akta, dalam konteks terdapat kesalahan cetak pada akta (salah nama sendiri, nama orangtua, tanggal lahir, bulan lahir, tempat lahir, tanggal lahir, bulan lahir, tahun lahir, jenis kelamin, dll), dengan ketentuan kesalahan pada pencetakan akta, bukan kesalahan pada buku register. Jika telah sesuai dengan buku register, untuk perubahannya harus melewati tahap penetapan pengadilan tempat tinggal atau domisili pemohon sekarang.
    • Apabila terdapat kesalahan pada akta, maka harus di proses dulu di Layanan Perbaikan Data.

 

KUTIPAN AKTA KEDUA KARENA HILANG

  • Fotokopi Kutipan Akta yang hilang sebanyak 2 lembar/ Nomor Register Akta
    • Fotokopi Kartu Keluarga pemohon
    • Fotokopi KTP-el pemohon
  • Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan/Akta Perceraian orangtua
  • Fotokopi Paspor (wajib dilampirkan bagi pemegang paspor)
  • Surat Keterangan Pelaporan Kehilangan dari Kepolisian
    • Fotokopi Surat Kewarganegaraan
    • Fotokopi Perubahan Nama

KUTIPAN AKTA KEDUA KARENA RUSAK

  • Kutipan Akta asli, untuk ditarik kembali dan difotokopi 1 lembar
  • Fotokopi Paspor (wajib dilampirkan bagi pemegang paspor)
    • Fotokopi Kartu Keluarga pemohon
    • Fotokopi KTP-el pemohon
  • Fotokopi Buku Nikah/Akta Perkawinan/Akta Perceraian orangtua
    • Fotokopi Surat Keterangan Ganti Nama
    • Fotokopi Surat Kewarganegaraan

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

6. Pengakuan Anak

6. Pengakuan Anak

Pelayanan masyarakat untuk penerbitan Pencatatan Pengakuan Anak. Pengakuan anak hanya berlaku bagi anak yang orangtuanya telah sah melaksanakan perkawinan, tetapi belum sah menurut hukum negara.

Persyaratan Pencatatan Pengakuan Anak

  • Mengisi formulir Pengakuan Anak dari Dukcapil Kota Bengkulu
  • Surat Pernyataan Pengakuan Anak dari ayah biologis yang disetujui oleh ibu kandung. Contoh Surat Pernyataan bisa dilihat disini
  • Surat Pengantar dari RT/RW yang diketahui Lurah
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Fotokopi Akta Kelahiran ayah biologis dan ibu kandung
  • Surat Keterangan Perkawinan Secara Agama
  • Fotokopi Kartu Keluarga/KTP-el ayah biologis dari ibu kandung
  • Untuk WNA lengkapi dengan:
    • Fotokopi Paspor
    • Fotokopi KTP-el orang asing bagi pemilik KITAP
    • Fotokopi SKTT orang asing bagi pemilik KITAS
    • Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) dan atau Surat Tanda Melapor Diri (STMD)

Alur Pelayanan

 

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

7. Catatan Pinggir

7. Catatan Pinggir

Pelayanan masyarakat untuk kebutuhan membuat Catatan Pengesahan Anak. Pengesahan anak hanya berlaku bagi anak yang orangtuanya telah melaksanakan perkawinan sah menurut hukum agama dan hukum negara.

Pengesahan Anak

Persyaratan Catatan Pinggir Pengesahan Anak

    • Mengisi formulir yang disiapkan Dukcapil Kota Bengkulu. Formulir bisa download disini
    • Surat Pengantar dari RT/RW yang diketahui Lurah
    • Fotokopi Akta Perkawinan orangtua
    • Surat Pernyataan Pengakuan Anak dari ayah biologis yang disetujui oleh ibu kandung
    • Fotokopi Akta Kelahiran anak
    • Fotokopi Akta Kelahiran ayah biologis dan ibu kandung
    • Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP-el ayah biologis dan ibu kandung
    • Fotokopi KTP-el pelapor
    • Untuk WNA lengkapi dengan:
      • Fotokopi Paspor
      • Fotokopi KITAS/KITAP
      • Surat Keterangan Lapor Diri (SKLD) atau Surat Tanda Melapor Diri (STMD)

Pengangkatan Anak

Persyaratan Catatan Pinggir Pengangkatan Anak

      • Mengisi formulir yang disiapkan Dukcapil Kota Bengkulu. Formulir bisa download disini
      • Fotokopi Penetapan Pengadilan Negeri dan Fotokopi Penetapan Pengadilan Agama
      • Fotokopi Akta Kelahiran anak
        • Fotokopi Akta Kelahiran orangtua yang mengangkat
        • Fotokopi Akta Perkawinan/Surat Nikah orangtua yang mengangkat
      • Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP-el orangtua angkat
      • Fotokopi Ganti Nama (jika ada)
      • Fotokopi KTP-el Pelapor
      • Untuk WNA lengkapi dengan:
        • Fotokopi Paspor orang tua angkat
        • Fotokopi KITAS/KITAP

Kewarganegaraan

Persyaratan Catatan Pinggir Kewarganegaraan

      • Mengisi formulir yang disiapkan Dukcapil Kota Bengkulu. Formulir bisa download disini
      • Fotokopi Keputusan Presiden mengenai perubahan status menjadi WNI
      • Fotokopi Keputusan Menteri yang bidang tugasnya meliputi urusan kewarganegaraan
      • Fotokopi Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan
      • Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP-el
      • Fotokopi KTP-el Pelapor
      • Untuk WNA lengkapi dengan:
        • Fotokopi Paspor
        • Fotokopi KITAS/KITAP

Perubahan Nama

Persyaratan Catatan Pinggir Perubahan Nama

      • Mengisi formulir yang disiapkan Dukcapil Kota Bengkulu. Formulir bisa download disini
      • Fotokopi Penetapan/Putusan Pengadilan Negeri
      • Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP-el pemohon
      • Akta Kelahiran (fotokopi dan asli)
        • Akta Perkawinan/Buku Nikah (asli dan fotokopi)
        • Akta Perceraian (fotokopi dan asli)
      • Fotokopi KTP-el Pelapor

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

8. Legalisasi Dokumen

8. Legalisasi Dokumen

Pelayanan masyarakat untuk melakukan pengesahan/legalisasi berbagai dokumen kependudukan seperti: Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan (khusus non muslim), Akta Perceraian (khusus non muslim), dan surat keterangan untuk berbagai keperluan lainnya.

Persyaratan:

* Melampirkan dokumen asli yang akan dilegalisir *

Alur Pelayanan

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja

9. Surat Keterangan

9. Surat Keterangan

Pelayanan masyarakat membuat Surat Keterangan untuk kebutuhan berikut:

  • Pernyataan Keterangan Belum Kawin: surat keterangan yang ditujukan untuk pencatatan sipil (khusus untuk non muslim)
  • Pernyataan Masih Terikat Kawin: surat yang menerangkan bahwa suami-istri itu masih terikat dalam perkawinan
  • Pernyataan Keterangan Kesetaraan KUA dan CAPIL: surat yg menerangkan salah satu pasangan suami-istri seagama adalah WNA

SURAT KETERANGAN BELUM KAWIN

  • Surat Permohonan dari yang bersangkutan/orangtua (asli)
  • Fotokopi KTP-el kedua mempelai
  • Fotokopi Kartu Keluarga yang bersangkutan
  • Fotokopi Akta Kelahiran yang bersangkutan
  • Surat Pernyataan Belum Pernah Mencatatkan Perkawinan di atas materai dari yang bersangkutan (asli)
  • Surat Pernyataan Belum Pernah Mencatatkan Perkawinan di atas materai dari orangtua yang bersangkutan, jika yang bersangkutan tidak bisa hadir (asli)
  • Surat keterangan belum menikah dari Kelurahan (asli)
  • Fotokopi Surat Cerai, bagi yang sudah pernah menikah

SURAT KETERANGAN MASIH TERIKAT DALAM PERKAWINAN

  • Surat Permohonan dari yang bersangkutan (asli)
  • Fotokopi KTP-el yang bersangkutan
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Akta Perkawinan/Buku Nikah (fotokopi dan asli diperlihatkan)
  • Fotokopi Pelaporan perkawinan, bagi yang menikah di luar negeri
  • Surat Pernyataan Masih Terikat Kawin di atas materai dari yang bersangkutan dan suami/istri diketahui RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan (asli)
  • Fotokopi Paspor
  • Fotokopi KITAS/KITAP

SURAT KETERANGAN KESETARAAN KUA dan CAPIL

  • Surat Permohonan dari KUA yang mengeluarkan Akta Perkawinan/Buku Nikah (asli)
  • Surat Permohonan dari KUA setempat sesuai domisili, bagi yang menikah di luar negeri(asli)
  • Fotokopi Pelaporan pernikahan dari KUA setempat apabila Akta Perkawinan/Buku Nikah dikeluarkan dari luar negeri
  • Fotokopi KTP-el yang bersangkutan
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akta Perkawinan/Buku Nikah
  • Fotokopi Paspor Suami/Istri

Alur Pelayanan 

Jangka Waktu Penerbitan
7 Hari Kerja